Mengapa Salomo gagal?


1Raja 11:1-25

Salomo tidak memakai hikmat yang Allah berikan, tetapi memakai hikmat dunia. Salomo menikahi tujuh ratus istri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik. Mungkin sebagian istri-istrinya itu dicintainya (ayat 1-3), tetapi mungkin juga istri-istrinya itu dinikahinya karena alasan politik. Demi memelihara perdamaian dengan negara lain, seorang raja bisa menikahi ratu atau putri raja dari negara tersebut. Itu hal yang biasa dilakukan oleh raja-raja pada masa itu. Sikap yang Salomo ambil ini adalah hikmat dunia yang begitu popular dimasa itu. Namun hikmat dunia seperti ini menuntut bayar harga yang sangat mahal dari Salomo.

  1. Menyembah allah dari bangsa lain yang merupakan pelanggaran terhadap firman Tuhan (Ul. 17:17; Gal 4:6-9).
  2. Salomo mengorbankan imannya demi kepuasan lahiriah/Kedagingannya (Mat. 4:1-11; 1Yoh 2:15-17)

Hati adalah pusat segala kehendak manusia. Jika hati Salomo tidak lagi berpusat pada Allah tetapi lebih kepada dirinya sendiri, maka bisa dipastikan segala tindakan-tindakan yang direncanakan dan dilakukan juga tidak sesuai dengan kehendak Allah. Bahkan ia sudah berani secara terang-terangan mendirikan bukit-bukit pengorbanan untuk semua istrinya. (Ams. 16:9; bdk. Mrk 7:21)

Pada saat ini banyak orang yang bersedia mengorbankan imannya demi kebutuhan hidup. Namun yang lebih parah adalah mengorbankan iman demi keinginan dan memuaskan hawa nafsu. Anak-anak Tuhan harus berhati-hati dan waspada. Hikmat dunia selalu menawarkan berbagai bentuk “tawaran” yang bertujuan untuk memuaskan hawa nafsu, misalnya: menjadi kaya dengan cara jahat, ingin dihormati dan ingin berkuasa sehingga kita kehilangan kekudusan dan kehilangan berkat TUHAN! (Yak. 3:17-18).

Camkanlah: Berani kehilangan nikmat duniawi adalah hikmat dari Allah, dan akibat dari menundukkan diri penuh kepada Allah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s