KARUNIA UNTUK MENDERITA


Filipi 1:27-30

 Ada 2 pandangan bagi sebagian besar orang tentang menderita :

  1. Menderita berarti tidak bahagia, tidak disayang Tuhan atau bernasib sial.
  2. Menderita berarti cara untuk memurnikan diri untuk dapat menikmati surga mulia kelak.

Akan tetapi bagi Paulus, kedua anggapan itu tidak tepat, karena bagi Paulus penderitaan demi Kristus merupakan suatu karunia (ayat 29). Paulus sadar panggilan untuk menderita demi Kristus adalah panggilan mulia. Karena itulah Paulus juga mendorong jemaat Filipi untuk tetap hidup sepadan dengan Injil (ayat 27) dan tidak digentarkan dengan musuh-musuh yang akan menyerang mereka (ayat 28) walaupun menghadapi resiko sama seperti yang sedang dihadapi Paulus saat itu. Mengapa demikian?

Ada beberapa dampak positif yang akan kita dapati dari penderitaan yang Paulus Maksud :

Mendapat suatu kehormatan karena itu berarti ia dipercaya untuk memikul salib dan mengikut Dia. (Mat 16:24; Luk 9:23)

  1. Penderitaan dapat mempersatukan Umat Kristen. Bukan hanya sekedar berpegang pada prinsip Alkitab mempersatukan umat melalui disiplin ilahi, karena pada  kenyataan kehidupan Kristen  juga dipersatukan saat-saat Kristen menghadapi penderitaan untuk menyangkal imannya, saat-saat itulah persekutuan doa dimulai. Saat-saat itulah Kristen saling menolong dan saling menguatkan. (Rm 8:18; 2Kor 8:2; 1Kor 12:26)
  2. Penderitaan merupakan pelatihan iman. Dengan melatih diri setia walaupun menderita, tetap melayani walaupun sakit, iman menjadi kuat dan tangguh. Tuhan dapat memakai kita untuk menjadi berkat bagi orang lain. (1Kor 3:15; 1Pet 4:1; Ibr 2:18)
  3. Bagi orang tidak beriman, penderitaan demi Injil adalah kekalahan. Bagi orang beriman, penderitaan demi Injil justru merupakan tanda bahwa keselamatan  dari Allah sedang berlaku didalam kehidupan Kristen. Karena Allah menyertai hamba-hamba-Nya dan menyelamatkan orang lain melalui penderitaan para hamba-Nya itu (ayat 28). (1Pet 3:14; Yes 38:17)

Renungkan: Penderitaan bukan semata bagian yang tak terelakkan dalam hidup ini. Penderitaan demi Kristus adalah panggilan bahkan karunia mulia yang patut kita terima dalam hidup ini.

(Why 2:10)

Tinggalkan komentar