Yesus Memberikan Roh Kudus


Yoh 20:22

Pemberian Roh Kudus oleh Yesus kepada murid-murid-Nya pada saat itu bukanlah baptisan dalam Roh sebagaimana yang dialami murid-murid pada hari Pentakosta (Kis 1:5; 2:4). Tetapi didalam ayat ini ada dua Pekerjaan yang Yesus lakukan berkaitan dengan pemberian Roh Kudus kepada murid-muridNya :

1.  “Ia mengembusi mereka.” Kata Yunani untuk “mengembusi” (_ emphusao_) merupakan kata kerja yang dipakai dalam Kitab Septuaginta (terjemahan PL dalam bah. Yunani) untuk Kej 2:7 di mana “Allah … mengembuskan nafas hidup ke dalam hidung manusia (Adam); ” Kata kerja yang sama juga ditemukan dalam Yeh 37:9, “…berembuslah ke dalam orang-orang yang terbunuh ini supaya mereka hidup kembali.” Pemakaian kata kerja ini oleh Yohanes menunjukkan bahwa Yesus sedang memberikan Roh Kudus supaya mendatangkan hidup dan menjadi ciptaan yang baru. Yaitu, sama seperti Allah saat mengembuskan nafas kehidupan ke dalam manusia jasmaniah (Kej 2:7), demikian pula sekarang Yesus mengembuskan nafas kehidupan rohani ke dalam hidup murid-murid-Nya sehingga mereka kini menjadi ciptaan yang baru.

2.   “Terimalah Roh Kudus” menetapkan bahwa Roh Kudus pada saat historis itu masuk dan mulai hidup di dalam diri para murid. Bentuk kata kerja dari ” menerima” ini dalam bahasa Yunani adalah dalam bentuk aorist imperatif ( labete dari akar kata lambano) menunjuk kepada tindakan penerimaan yang sekali saja. Roh Kudus diberikan untuk memperbaharui mereka, menjadikan mereka ciptaan baru di dalam Kristus (bd. 2Kor 5:17). Menerima hidup dari Roh Kudus ini mendahului penerimaan kekuasaan dari Yesus (Yoh 20:23) dan baptisan dalam Roh Kudus pada hari Pentakosta (Kis 2:4).

Kedua pekerjaan yang berbeda dan khusus dari Yesus ini didalam kehidupan murid-muridNya juga berlaku bagi semua orang Percaya. Yaitu, bahwa semua orang percaya telah menerima Roh Kudus pada saat mereka dilahirkan kembali dan kemudian mereka harus mengalami baptisan dalam Roh Kudus untuk memperoleh kuasa menjadi saksi-saksi-Nya (Kis 1:5,8; 2:4; Kis 2:39).

One response to “Yesus Memberikan Roh Kudus

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s